Cara Bore Up / Upgrade Mesin Satria FU Standart Menjadi 200 cc

Dengan menggunakan mesin berkapasitas 150 cc dengan teknologi DOHC, menjadikan motor Suzuki satria FU tersebut menjadi motor bebek terbaik. Namun meskipun demikian, banyak para pengguna Satria FU masih belum merasa puas dengan tenaga yang dihasilkannya.

                                            Hasil gambar untuk motor satria f
       



Suzuki Satria FU yang memiliki tipe 4-Tak, DOHC, Berpendingan Udara, SACS, 4-Katup berkapasitas 150cc, dapat menghasilkan tenaga maksimum 16 PS pada putaran mesi 9500 RPM dan dapat menghasilkan torsi maksimum 1.27 kg.m pada putaran mesin 8500 RPM. untuk tenaga standar dari Suzuki Satria FU ini sendiri cukup luar biasa, namun, belum cukup memuaskan bagi penggemar “Road Race” maupun “Drag Race” yang suka melakukan korek harian mesin agar tenaga bertambah sesuai keinginan mereka. 

Tips mudah agar Suzuki Satria FU makin kencang? menurut OTO86, cara yang sudah terbukti adalah dengan cara melakukan “Bore-Up” pada mesin atau biasa juga dikenal dengan istilah “Upgrade Performa Mesin“. Nah, dengan cara ini akan menambah tenaga serta kecepatan pada kendaraan kesayangan anda.

Perubahan yang akan dilakukan tentu saja tidak akan terlalu ekstrim mengingat sepeda motor yang akan dibore up adalah sepeda motor harian, misal stroke-up, jangan tambah paking blok, biar samar kayak standarnya dan teman-teman anda tidak akan tahu kalau perubahan lumayan banyak.
 

Cara Meningkatkan Performa Serta Kecepatan Motor Satria FU 150  

 

1. Pilot jet ukuran 17.5 


                                                   Hasil gambar untuk Pilot jet ukuran 17.5

Bisa menggunakan milik Jupiter-Z atau Shogun SP. Harga sekitar 30rb. Kalau mau lebih murah bisa menggunakan merek Kitaco atau Extreme, harganya 20 ribuan.
2. Lepas Paking Kepala Silinder 

                                                       Hasil gambar untuk Lepas Paking Kepala Silinder

Gunakan 1 lapis aja yang tengah. Langkah ini berarti menaikkan rasio kompresi. Kalau mau menaikkan kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa dilepas dan ga usah pake paking. Cukup menggunakan lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking). Trik ini dah dicoba dan terbukti piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli.
3. Porting Polish

                                                   Hasil gambar untuk porting polish satria fu standar

Lubang in dan out masing-masing di gedein diameternya 1 mm. Biaya termasuk servis besar. Di bengkel resmi paling mahal 125rb. Kalau di bengkel umum top bisa 300rb.
4. Karburator
                                                      Hasil gambar untuk Karburator



Gunakan karburator RX king, berarti langkah nomor 1 tidak perlu. Saran pakai punya RX King karena murah dan cocok. Bisa langsung pasang ke intake manifold dan filter udara standar. Spuyer bisa coba PJ 20 MJ 150. Setelan udara 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam (note tiap motor bisa berbeda). Posisi klip jarum skep di ulir nomor 2 dari atas.
5. Gigi TOP 1 mata

                                                          Hasil gambar untuk Gigi TOP 1 mata

Ini berarti memajukan waktu buka tutup katup masuk dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setinggannya adalah klep masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata. Istilah teknisnya buat nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle. Buat optimalkan proses pembilasan di putaran tinggi Hasilnya juga mantap tapi kerenggangan klep harus dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm) dari ukuran standarnya dengan cara mainin tebal shim-nya.
6. Lepas saringan udara

                                                       Hasil gambar untuk Lepas saringan udara

Kalau sudah ganti karbu, yang dilepas hanya elemen saringan udaranya aja. Itu tuh yang ada ada kertas saringannya. Sedangkan boksnya masih terpasang dan tersambung ke karbu. Kalau masih tetap mau andalkan karbu standar maka saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi). Bisa dilakuin sendiri.
7. Potong kabel koil 2 cm

                                                          Hasil gambar untuk Potong kabel koil 2 cm

Resistensi kabel berkurang sekitar 10%. Ingat memasang kabelnya lagi harus benar-benar kuat, caranya ditusukkan dan diputar hingga ngedrat.
8. Busi

                                                    Hasil gambar untuk Busi

Gunakan Busi Racing Iridium, saran yang agak murah pake merek Sindengen/SDG 30rb. Hasilnya lumayan. Kalau mau tetap pakai busi standar juga bisa. Atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm.
9. Oli
                                                Hasil gambar untuk Oli


Gunkan Oli SAE 10W40, pakai yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli) dengan SAE 10W40.
10. Knalpot

                                              Hasil gambar untuk Knalpot

Gunakan knalpot free flow, knalpot standar dicustom atau beli knalpot di toko.
11. As Roda
                                                     Hasil gambar untuk as roda motor


Posisi as roda pada penyetel kekencangan rantai diusahakan pada posisi se depan mungkin. Kalau perlu potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah bermanuver. Khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai karena rantai beradu dengan lengan ayun.
12. Per Kopling

                                                        Hasil gambar untuk per kopling satria fu

Ganjal per kopling kurang lebih 1 mm, bisa pakai potongan per kopling atau beli ring per (biasanya 2mm ketebalannya). Terus di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin, di ujungnya dipakai kan per yang sering dipakai di rem teromol untuk mengembalikan tuas pengungkit kopling dengan cepat. Hasilnya kopling jadi cepat baliknya dan motor langsung loncat begitu kopling dilepas. Kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing seharga 100 – 150rb. Tetapi awas! Beberapa pemakai per kopling racing mengeluh motornya cuman enak 3 bulan, abis itu per jadi lembek dan kurang nendang lagi. Per kopling standar terutama yang CBU kayak nya lebih durable dan dengan diganjel. Kekerasan nya akan setara dengan per racing. Tapi perhitungkan efek sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegal kalau lewat jalan macet.
13. Pulser

                                                      Hasil gambar untuk pulser satria fu

Pulser digeser digeser 1-2 mm agar waktu busi memercikkan api lebih maju. Power akan terasa bertambah.
14. Gir

                                                       Hasil gambar untuk gir motor

Untuk akselerasi pakai yang 13 mata (standarnya 14 mata) dari Yamaha Crypton atau F1ZR. Beli aja yang buatan Aspira atau Indopart cuma 30 ribuan. Hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tidak mengurangi Top Speed secara signifikan. Kalau di perkotaan atau jalanan macet, malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top speed. Untuk Top speed mata depan ganti yang ukuran 15 mata. Bisa ambil milik Yamaha Jupiter.
Itulah beberapa Tips Bikin Satria FU Jadi Makin Kencang, semoga bermanfaat serta menjadi inspirasi buat semua.

0 Response to "Cara Bore Up / Upgrade Mesin Satria FU Standart Menjadi 200 cc"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel